Selasa, 04 Desember 2012

CARA MENGUBAH EKSTENSI FILE


File di Windows pastinya mempunyai jenis file type. Misalnya gambar jpg, png, bmp, compressed zip, rar, dan sebagainya. Setiap file mempunyai ekstensi tersendiri. Anda bisa mengubah ekstensi tersebut menjadi file lain yang dikenali oleh Windows anda. Misal anda ingin mencetak tugas anda di warnet. Anda memakai Microsoft Word 2007 dan anda simpan file .docx. Sayangnya, di warnet kesayangan anda hanya memiliki Microsoft Word 2003 yang tidak bisa membuka file .docx. Anda bisa mengubah ekstensi file .docx menjadi .doc agar bisa dibuka MS Word 2003 dan langsung mencetak. Sangat berguna, bukan?
Cara mengubah ekstensi file dapat dilakukan di semua OS Windows. Yang saya demokan dibawah ini menggunakan Windows 7. Caranya sama kok. Ikuti saja…
Sebelumnya anda harus setting folder option agar ekstensi file dapat terlihat di Windows Explorer anda. Untuk membuka folder options, cukup dengan menekan alt , lalu muncul menu bar di Explorer anda. Klik tools > klik Folder Options

Tools > Folder Options
Kotak dialog folder options muncul. Selanjutnya, klik tab view. Carilah “Hide Extensions for known file types”. Hilangkan centang pada opsi tersebut. Klik apply dan close kotak dialog folder options.

Hilangkan centang pada Hide extension for known file types
Anda akan melihat nama file anda dan ekstensi file di sebelah nama file.

Lihatlah ekstensi .docx
Selanjutnya, rename file itu. Anda bisa mengganti ekstensi filenya. Misalnya saya mengganti ekstensinya ke 2003 Word Document (.doc)

Rename file yang anda ingin ganti ekstensinya
Nah, selesai. Anda bisa lihat perubahannya di reading pane Explorer anda.
                        MS Document > MS Document 97-2003

sumber: http://heistmeister.wordpress.com/2012/05/05/mengubah-ekstensi-file-di-windows-7vistaxp/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar